Kamis, 16 September 2010

pengolahan hasil perikanan


Saya sebagai salah satu faktor penggerak agribisnis perikanan dan saya tertarik pada pengolahan diberdayakan secara optimal untuk menaikkan produktivitasnya baik secara individu maupun kelompok pengolahan, sehingga jurusan agribisnis perikanan di smk n 36 jakarta. benar-benar menjadi pelaku ekonomi yang memberikan sumbangsi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki luas laut yang sangat luas, dan wilayah pesisir yang memiliki garis pantai sepanjang 81.000 km ataua terpanjang kedua di dunia serta memiliki keanekaragamaan hayati tertinggi di dunia, dihuni oleh sekitar 200 an juta penduduk Indonesia.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukannya pemanfaatan potensi semberdaya alam dan sumberdaya manusia di wilayah pesisir dan laut guna peningkatan taraf hidup dan pertmbuhan ekonomi murid di smk n 36 jakarta khsusunya di jurusan Agribisnis perikanan atau teknik budidaya dan pengolahan
Pemanfaatan potensi oleh masyarakat sendiri melalui pengolahan Untuk menjamin pengelolaan dan keberlanjutan dari Kelompokpengolahan , maka perlu diberikan berbagai jenis pelatihan dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Salah satu jenis pelatihan yang mendesak untuk dilakukan adalah Pelatihan Manajemen Pemasaran bagi pengurus pengolahan

Tujuan
Tujuan dari kegiafan Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan adalah:
Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat (Pengurus dan Anggota di Kelurahan Lasiana dan Oesapa) tentang Pengolahan Hasil-hasil Perikanan; misalnya: abon ikan, dendeng ikan, se’i ikan, ikan kering asing, dan sebagainya.
Manfaat
Manfaat dari kegiatan Pelatihan Manajemen Koperasi adalah:
Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa/i yang tertarik pada pengolahan. tentang Pengolahan Hasil-hasil Perikanan; misalnya: abon ikan, dendeng ikan, se’i ikan, ikan kering asing, dan sebagainya.
Sasaran
Sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah:
Dimilikinya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang Pengolahan Hasil-hasil Perikanan; misalnya: abon ikan, dendeng ikan, se’i ikan, ikan kering asing, dan sebagainya.
Indikator Kinerja
menurut saya Indikator Kinerja yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah seperti tabel berikut

Tabel Indikator Kinerja
No
Indikator
Uraian
a
Output
Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa/i yang tertarik dengan pengolahan. tentang Pengolahan Hasil-hasil Perikanan
b
Hasil
Terlaksananya kegiatan-kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan, Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Laut di Kota Kupang khususnya di Kelurahan Lasiana dan Oesapa.
c
Manfaat
Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang Pengolahan Hasil-hasil Perikanan.
d
Dampak
Masyarakat atau siswa/i di smkn 36 jakarta, mampu mengolah hasil-hasil perikanan menjadi abon ikan, dendeng ikan, se’i ikan dan ikan kering asin dalam rangka peningkatan pendapatannya.


METODE PELAKSANAAN
Tahapan dan Metode Kegiatan
Tahapan dan metode pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan adalah sebgai berikut:
1. Penyampain Teori
Kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan diawali dengan pemberian teori-teori tentang pengolahan hasil-hasil perikanan melalui pertemuan dalam bentuk ceramah oleh ketua pengolahan dan didampingi oleh tim ahli sebagai moderator, dan dilajutkan dengan tanya jawab, diskusi kelompok serta pengerjaan tugas.
Yang diharapkan dari tahap ini adalah:
a. Peserta dapat memahami teori yang disajikan oleh pemateri/instruktur sehingga dapat membantu para peserta dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di koperasi termasuk penyelesaian kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksaaan tugasnya masing-masing.
b. Terwujudnya interaksi yang positif baik diantara sesama peserta maupun antara peserta dengan pemateri/instruktur, sehingga dapat mempermudah pemahaman materi yang disajikan.
c. Terwujudnya hubungan kerjasama yang baik antara sesama peserta (Pengurus
dan Anggota pengolahan ) sehingga dapat mendorong kerjasama yang kokoh di
bidang masing-masing.
2. Kegiatan Praktek
Kegiatan praktek pada Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan dimaksudkan peserta mampu mempraktekkan pengolahan hasil perikanan seseuai dengan teori-teori yang telah diperoleh. Praktek yang dilakukan meliputi: membuat abon ikan, dendeng ikan, se’i ikan, dan ikan kering asing.nugget dll
 sumber ; http://andifernandi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar